Pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2017/2018

KEMENAG Pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2017/2018 Ada kabar gembira untuk seluruh warga Indonesia khususnya untuk para warga yang sekarang sedang mencari pekerjaan dan menantikan pembukaan pendaftaran CPNS terbaru. Tahun 2017 ini telah dibuka pendaftaran CPNS besar-besaran untuk beberapa kementrian yang ada di Indonesia, salah satunya untuk Kementerian Agama. Dari surat pengumuman yang diedarkan oleh Kementerian Agama pada bulan September 2017 melalui website SSCN BKN dijelaskan mengenai kualifikasi dan Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Agama tahun Anggaran 2017. 

Tahun ini Kementerian Agama membutuhkan 1000 orang CPNS yang nantinya akan ditempatkan di beberapa unit kerja dan wilayah. Dari banyak kualifikasi yang dibutuhkan Kementerian Agama juga memerlukan pelamar dengan beberapa formasi antara lain umum, cumlaude, penyandang disabilitas, dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk syarat dan ketentuan, cara pendaftaran dan juga jadwal seleksi akan dijelaskan disini.

Pendaftaran CPNS Kemenag 2017/2018

Dari 1000 orang yang dibutuhkan oleh Kementerian Agama untuk mengisi posisi kosong yang ada di kementerian, ada 9 unit kerja yang nantinya akan mendapatkan alokasi formasi CPNS Tahun Anggaran 2017 ini. Dari 9 uit kerja ini antara lain adalah:
  1. Universitas Islam Negeri (UIN)
  2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
  3. Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN)
  4. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
  5. Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN)
  6. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN)
  7. Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKatN)
  8. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN)
  9. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN)
Dari 9 unit ini dibutuhkan 1000 CPNS dengan rincian 123 cumlaude, 1 penyandang disabilitas, 1 Putra/ Putri Papua dan Papua Barat, dan 875 Umum. Untuk informasi detail kriteria formasi bisa dilihat di laman https://sscn.bkn.go.id.

Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Agama yang pertama adalah dengan memenuhi persyaratan umum yang diberikan. Adapula persyaratan umum itu adalah:
  1. Warga Negara Indoensia yang Taqwa pada Tuhan YME, taat pada pancasila, UUD 1945 dan NKRI
  2. Tidak pernah dipidana dengan hukuman penjara 2 tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS, TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD dan swasta
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI, POLRI dan siswa ikatan dinas Pemerintah
  5. Bukan anggota dan pengurus partai politik
  6. Lulusan perguruan tinggi Negeri dengan program studi terakreditasi atau perguruan tinggi swasta dan program studi terakreditasi B
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  8. Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir oleh institusi yang sesuai
  9. Memiliki IPK untuk pelamar umum, disabilitas, dan putra/ putri Papua dan Papua Barat minimal 2,75 untuk Magister dan 3,00 untuk Doktor.
  10. Usia paling rendah 18 tahun pada 1 September 2017 dan maksimal 35 tahun pada 1 Desember 2017
  11. Bersedia mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan pada kementerian Agama.
Tahapan Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Agama adalah sebagai berikut:

Surat lamaran yang ditujukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia, surat lamaran ini ditulis dengan tangan mengunakan tinta hitam dan ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- lamaran ini dilampiri dengan:
  1. Print out tanda bukti pendaftaran CPNS online tahun 2017
  2. Fotokopi sah ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  3. Pasfoto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  4. Fotokopi KTP yang masih berlaku
  5. Fotokopi KK
  6. Surat pernyataan bermaterai bahwa dokumen yang disampaikan benar
  7. Surat pernyataan bebas narkoba bermaterai
Pada amplop dicantumkan satuan kerja yang dituju dan jabatan yang akan dilamar pada sudut kiri atas

Dikirim lewat pos selambat-lambatnya 2 hari setelah pendaftaran online berakhir tanggal 27 September 2017 cap pos

Berhati-hatilah dalam menulis berkas lamaran agar sesuai dengan dengan alamat satuan kerja yang dilamar agar tdak dikualifikasi

Pelamar yang lulus akan diberika kartu peserta seleksi melalui email yang digunakan saat registrasi pelamaran

Pelamar mengikuti ujian seleksi pada satuan kerja yang dilamar

Pendataran administrasi dimulai tanggal 11 September hingga 25 September 2017. Pengumuman lolos administrasi pada akhir September yang kemudian dilanjutkan dengan test lainnya.

Ada beberapa tahapan seleksi yang wajib dilalui oleh pelamar antara lain:
  1. Seleksi Administrasi. Usahakan berkas yang dkirim sesuai dengan yang disyaratkan dan dikirim tepat  waktu.
  2. Setelah lolos tahap administrasi, peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tes ini memiliki bobot 40%
  3. Jika lolos tahap SKD peserta kemudian mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari micro teaching dengan bobot 60% dan waancara dengan bobot 40%
Seleksi penerimaan CPNS di Kementerian Agama ini dilakukan serentak dan terpusat sehingga tidak ada kecurangan. Untuk Anda yang ingi mendaftar sebaiknya berhati-hati jika ada oknum yang menawarkan kelulusan dengan membayar dengan nominal tertentu, karena itu pasti penipuan. Penyelenggaraan penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2017 ini tidak memungut biaya apapun.

Kurang lebih penjelasan diatas sudah sedikit merangkum Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Agama Tahun Anggaran 2017 ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementrian Agama bisa melihat pengumuman resmi yang bisa diakses lewat laman https://sscn.bkn.go.id. Disana ada file pdf dari Kementrian Agama yang menjelaskan lebih detail soal penerimaan CPNS. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Subscribe to receive free email updates: