Pendaftaran CPNS BPKP 2017/2018

BPKP Pendaftaran CPNS Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan 2017/2018 Bagi Anda yang sudah mendaftar CPNS gelombang pertama di Kemenkumham dan juga MA namun masih belum lolos seleksi administratifnya tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengikuti seleksi penerimaan CPNS gelombang kedua yang diumumkan pada tanggal 5 September 2017 lalu. 

Pendaftaran CPNS gelombang kedua ini membutuhkan sebanyak 17.928 CPNS yang akan dtempatkan di beberapa kementrian dan juga lembaga Indonesia, salah satunya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Cara Pendaftaran CPNS Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan tidak terlalu sulit dan hampir sama dengan pendaftaran CPNS di kementrian dan lembaga lainnya.



Badan Pengaasan Keuangan dan Pembangunan ini membutuhkan sebanyak 182 personil yang akan menempati 9 posisi jabatan. Masing masing jabatan membutuhkan pendaftar dengan kualifikasi yang disesuaikan dengan jabatan yang nantinya akan ditempati. BPKP ini membutuhkan tenaga baik lulusan sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2). Selain itu BPKP di tahun ini membuka pendaftaran untuk lulusan umum, cumlaude dan juga penyandang disabilitas. Untuk kualifikasi pendidikan yang bisa mendaftar di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan adalah sebagai berikut :
  1. S-2 Akutansi
  2. S-2 Kebijakan Publik
  3. S-1 Akutansi
  4. S-1 Ekonomi dan Managemen (Program Studi Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Manajemen, Manajemen Keuangan, Manajemen Perusahaan, Manajemen Operasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia)
  5. S-1 Psikologi
  6. S-1 Teknik Informatika
  7. S-1 Sistem Komputer
  8. D-III Sistem Informasi
  9. D-III Manajemen Informatika
  10. D-III Teknik Informatika
  11. D-III Akutansi
  12. D-III Manajemen Keuangan
Persyaratan umum untuk para pendaftar CPNS di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ini sama saja dengan persyaratan yang ada di kementrian lain, seperti:
  1. Warga Negara Indoensia yang Taqwa pada Tuhan YME, taat pada pancasila, UUD 1945 dan NKRI
  2. Sehat secara jasmani dan rohani
  3. Tidak pernah dipidana dengan hukuman penjara 2 tahun atau lebih
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS, TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD dan swasta
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI, POLRI dan siswa ikatan dinas Pemerintah
  6. Bukan anggota dan pengurus partai politik
  7. Berkualifikasi secara pendidikan sesuai dengan syarat jabatan
  8. Tidak memiliki ketergantungan pada narkotika dan obat terlarang lainnya
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  10. Tidak bertindik dan bertato diluar ketentuan adat atau agama
  11. Pelamar untuk formasi dengan criteria Cumlaude umum dan pascasarjana membuktikan statusnya dengan fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  12. Untuk pelamar Sarjana berusia minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun per tanggal 1 Desember 2017
  13. Untuk pelamar Pascasarjana berusia minimal 21 tahun dan maksimal 35 tahun per tanggal 1 Desember 2017
Jika Anda memenuhi persyaratan umum diatas dan masuk dalam kualifilasi pendidikan yang dibutuhkan oleh BPKP Anda bisa segera melengkapi persyaratan pendaftaran yang dibutuhkan. Untuk Cara Pendaftaran CPNS Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, yang pertama harus Anda lakukan adalah registrasi dilaman https://sccn.bkn.go.id dan login kedalamnya. 

Registrasi dilakukan dengan menggunakan NIK pada kartu tanda penduduk atau pada kartu keluarga dan membuat password Anda sendiri. setelah terdaftar dan login kea kun Anda, biasanya Anda akan dimintai mengisi biodata pribadi, mulai dari nama, tinggi badan, hingga penddikan terakhir. Setelah mengisi biodata lengkap Anda kemudian disuguhi pilihan akan mendaftar di kementrian atau lembaga apa dan di posisi mana. Disini anda bisa memilih BPKP sebagai pilihan instansi dan tinggal mencocokkan pendidikan Anda sesuai dengan

Dokumen yang diunggah harus ada dalam format jpg dengan ukuran maksimal 200 KB pr file. Dokumen yang diunggah juga harus dinamai sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh pihak BPKP. Dokumen dan penamaan yang harus Anda unggah antara lain:

  1. Surat lamaran, filenya dinamai dengan [Nomor Registrasi]_1Lamaran.jpg
  2. Pas foto terbaru 4 x 6 berarna dan berlatar belakang merah dinamai dengan [Nomor Registrasi]_2Foto.jpg
  3. KTP elektronik yang masih berlaku dinamai dengan [Nomor Registrasi]_3KTP.jpg
  4. Ijazah dinamai dengan [Nomor Registrasi]_4ijazah.jpg
  5. Surat pernyataan dinamai dengan [Nomor Registrasi]_6Pernyataan.jpg
  6. Hasil penyetaraan ijazah dan nilai dari Kementrian Ristek dan Dikti (untuk lulusan luar negeri) dinamai dengan [Nomor Registrasi]_7DIKTI.jpg

Dokumen-dokumen inilah yang nantinya akan diupload ke website SSCN BKN yang kemudian akan diteruskan ke BPKP baru kemudian diseleksi. Pastikan benar dalam melakukan pemberkasan online ini karena hal ini akan menentuka lolos atau tidaknya Anda di seleksi administrasi. Dokumen ini harus sdah di upload paling lambat tanggal 25 September 2017 pukul 18.00 WIB. 

Pengumuman sekelsi administrasi yaitu pada tanggal 30 September 2017, yang akan dilanjutkan dengan pencetakan nommor ujian secara daring pada tahnggal 2 – 6 Oktober 2017. Masih ada seleksi kompetensi dasar, seleksi kompetensi bidang dengan CAT dan juga wawancara, kemudian baru diumumkan kelulusan akhirnya pada tanggal 20 November 2017. Proses seleksi ini dilakukan serentak dan dari pusat sehingga hati-hati saat ada oknum yang menjanjikan kelulusan jika membayar sejumlah uang, karena itu adalah jelas penipuan.

Demikian ini adalah Cara Pendaftaran CPNS Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Informasi mengenai pendatran CPNS di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan  juga bisa Anda dapatkan lebih lengkap dengan mendownload file pdf dari surat edaran langsung yang dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dilaman https://sscn.bkn.go.id. Selamat mencoba kesempatan mendaftar sebagai CPNS di BPKP, semoga sukses!

Subscribe to receive free email updates: