Pendaftaran CPNS BKN 2017/2018

BKN - Bagaimana Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara 2017/2018? Ada salah satu bagian dari kinerja kerja PNS yang berhasil menyedot perhatian calon generasi penerus bangsa untuk ikut serta didalamnya, salah satunya adalah CPNS Badan Kepegawaian Negara. Hingga saat ini, sudah terdapat lebih dari beberapa pihak yang tertarik untuk ikut serta didalamnya yang mana memiliki peranan penting dalam membangun kehidupan bangsa yang lebih baik lagi. 

Namun, bagi anda yang berminat untuk menjadi salah satu bagian dari CPNS Badan Kepegawaian Negara maka anda diwajibkan untuk mengikuti semua Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara yang akan diringkas menjadi beberapa hal seperti dibawah ini. Pertama, hal yang harus dilakukan dalam Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara adalah dengan mengikutinya dengan berbasis online. 



Anda bisa mengajukan lamaran anda untuk ikut serta menjadi salah satu peserta seleksi CPNS Badan Kepegawaian Negara dengan mengakses situs resminya di sscn.bkn.go.id dan disana akan dijelaskan secara rinci mengenai kegiatan serta hal apa saja yang harus anda persiapkan dan lakukan menjadi salah satu CPNS yang akan bersaing dengan beberapa orang diwilayah anda bahkan juga di Indonesia pada tahun ini.

Kedua, setelah anda mengakses situs resmi milik Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI), maka selanjutnya anda wajib mempersiapkan beberapa hal mulai tanggal 11 September s/d 25 September 2017 yang menjadi periode dibukanya pendaftaran CPNS untuk Badan Kepegawaian Negara tersebut. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu Tanda Penduduk (NKTP) dari Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang anda miliki. 

Dimana, nantinya nomor tersebut akan digunakan sebagai nomor registrasi anda untuk ikut serta menjadi peserta CPNS yang akan direkrut melalui proses seleksi. Ketiga, bagi anda yang merupakan seorang pelamar untuk CPNS Badan Kepegawaian Negara maka anda diwajibkan untuk mengikuti semua Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara. Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menyerahkan beberapa dokumen pribadi milik anda.

Seperti akta kelahiran, surat lamaran dan dituliskan dengan menggunakan tinta hitam yang mana telah ditandatangani oleh anda sebagai CPNS diatas materai Rp.6000, melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta menunjukan ijazah dari pendidikan terakhir yang telah anda tempuh, baik SMA/K/Sederajat maupun juga S1/S2 dari PTN/PTS yang pernah anda tempuh sebelumnya. Keempat, salah satu bagian yang masuk kedalam Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara lainnya adalah dengan melampirkan hasil TOEFL (Test of English for Field Labour), yang mana TOEFL ini merupakan salah satu surat pernyataan berisikan hasil tes tentang kemampuan bahasa Inggris anda yang merupakan sebuah sertifikat. 

Biasanya, pihak perekrut atau bagian CPNS Badan Kepegawaian Negara selalu meminta pihak CPNS yang mendaftar untuk menyertakan sertifikat TOEFL mereka dengan tingkat yang setara dengan jumlah yang telah disepakati, dimana niilai hasil tes tersebut selalu ditaksir pada angka kurang lebih >450. Kelima, adapun ketentuan lainnya yang masuk kedalam daftar Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara lainnya adalah dengan mengikuti salah satu hal khusus berikut. Jika anda yang merupakan pelamar atau CPNS yang berasal dari Papua atau Papua Barat.

Maka anda harus melampirkan beberapa hal yakni dengan menyerahkan ijazah SD/SMP/SMA/K dan bersifat sederajat, namun jika anda yang berasal dari Papua tidak memilikinya maka anda bisa menyerahkan bukti lainnya dengan melampirkan akta kelahiran atau surat bukti kelahiran lainnya yang setara dengan akta kelahiran tersebut, dimana beberapa lampiran tersebut sangat diperlukan oleh pihak perekrut bagi CPNS asal Papua yang sangat dikhususkan untuk hal tersebut.

Keenam, masih berkaitan dengan CPNS dari Papua yang mengikuti tata tertib dari aturan Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara lainnya adalah dengan menyerahkan KTP milik ayah kandung dari pihak pelamar CPNS tersebut dan juga dengan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dengan mengajukannya dari pihak Kelurahan/Desa setempat dari masing-masing wilayah pelamar. Hal ini diperlukan karena keberadaan Surat Hubungan Keluarga tersebut memiliki tujuan untuk menilai apakah pihak pelamar atau CPNS yang mengajukan lamaran memiliki hubungan darah atau batin yang kuat dengan keluarganya, terutama bagi keluarga kandung pribadi mereka masing-masing.

Terakhir, jika anda telah berhasil memenuhi semua aturan dari Cara Pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara dan dinyatakan lulus secara administrasi oleh pihak penyelenggaran program CPNS, maka anda akan diwajibkan untuk mencetak Kartu Peserta Ujian dari situs resmi CPNS Badan Kepegawaian Negara secara online di sscn.bkn.go.id yang mana nantinya kartu tersebut akan dipergunakan untuk kegiatan lainnya pada tanggal 2 Oktober hingga 6 Oktober 2017 yang mana nantinya keberadaan anda akan diakui dengan adanya Kartu Peserta Ujian tersebut. 

Selain seleksi administrasi, seleksi lainnya pun akan diselenggarakan dari pihak penyelenggara kepada semua CPNS yang memenuhi syarat untuk ikut serta dalam ambil alih kegiatan perekrutan akhir dengan melampirkan Kartu Peserta Ujian tersebut sebagai tanda bukti bahwa anda merupakan salah satu anggota CPNS dari setiap wilayah di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates: