Pendaftaran CPNS BKKBN 2017/2018

BKKBN - Bagaimana Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukandan KB Nasional 2017/2018 Setiap tahunnya, pihak penyelenggaran program perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu membuka kegiatan penerimaan anggota baru untuk bagian kerja mereka yang mana hamper setiap tahunnya terdapat beberapa ratus orang yang diterima untuk menjadi anggota baru didalam bagian PNS mereka, salah satunya adalah didalam bagian Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang mana saat ini menjadi salah satu bagian CPNS yang cukup digandrungi oleh banyak orang. 

Oleh karena itu, mereka yang merupakan seorang CPNS yang berminat dibidang tersebut wajib mendaftarkan diri mereka masing-masing dengan mengikuti semua prosedur dan Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional dengan baik dan benar agar tidak akan adanya satu pun pihak yang merasa dirugikan serta tidak akan terjadinya kecurangan jika anda yang merupakan CPNS bisa mengikuti semua aturan yang akan dijelaskan berikut ini.



Secara umum, bagi seorang CPNS yang akan mengikuti prosedur dalam Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional wajib mengetahui lebih lanjut tentang definisi atau informasi dari bagian atau posisi yang akan mereka tempati. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan sebuah lembaga atau instansi pemerintahan yang mana bertugas dalam menyongsong terhadap kesejahteraan dan juga kemakmuran terhadap semua keluarga yang ada di Indonesia. 

Adapun fungsi umum yang telah diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia antara lain dengan menyusun atau mengatur system perencanaan dan juga kesejahteraan terhadap semua keluarga Indonesia, serta merancang sistem pengaturan yang fokus terhadap pendataan dalam mengurangi angka kematian ibu dan bayi serta menekan angka kelahiran yang setiap harinya melonjak di Indonesia.

Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional yang pertama adalah dengan melakukan scan berupa dokumen KTP yang menjadi bukti nyata anda sebagai WNI asli atau juga dengan menggunakan Surat Keterangan Rekam Penduduk kedalam format .jpg  yang mana kualitas dan ukuran dari hasil scan bukti data diri sah anda tersebut hanya boleh memiliki ukuran gambar hingga 200 kb saja. 

Hal ini dikarenakan agar dokumen milik anggota CPNS lainnya bisa tertampung untuk diseleksi maupun juga dipilih oleh pihak penyelenggara yang mana hampir sebagian CPNS sangat berminat dan antusias untuk ikut serta menjadi bagian dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tersebut. Kedua, Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional berikutnya adalah dengan melakukan scan terhadap izajah dari riwayat pendidikan terakhir yang anda miliki.

Mulai dari SMA hingga S2 yang anda dapatkan dari pihak instansi pendidikan anda sebelumnya. Anda wajib melakukan scan terhadap dokumen penting dari riwayat pendidikan anda tersebut dengan tidak boleh mengunggahnya lebih dari ukuran 300 kb, yang mana dengan alasan yang sama seperti dengan langkah yang pertama. Tentunya, dokumen yang bersifat asli dengan bukti legalisir pun sangat dibutuhkan untuk hal ini agar menjadi salah satu bukti kuat bahwa anda telah sah lulus dari pihak instansi pendidikan yang terkait.

Ketiga, setelah anda melakukan scan atas KTP dan ijazah pendidikan terakhir maka langkah selanjutnya dari Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional lainnya adalah dengan scan untuk transkrip nilai akademik dengan ukuran gambar scan yang tidak boleh lebih dari 300 kb. Biasanya, transkrip tersebut memiliki lebih dari 2 lembar jumlahnya, maka dari itu anda bisa melakukan scan dengan menggunakan format .jpg dan bukan menggunakan format .zip atau .rar yang mana scan dari dokumen transkrip tersebut nantinya akan diubah kedalam format berupa foto seperti anda melakukannya terhadap dokumen-dokumen sebelumnya.

Keempat, Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional lainnya adalah dengan menandatangani surat pernyataan dan surat lamaran lengkap yang menyatakan bahwa anda layak untuk ikut serta menjadi salah satu CPNS dalam Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang mana dilengkapi dengan materai senilai Rp.6000 dan scan kedalam bentuk format foto berupa .jpg. Selain itu, ukuran gambar scan terhadap surat pernyataan tersebut tidak boleh memiliki ukuran lebih dari 200 kb s/d 300 kb yang mana nantinya jika melebihi jumah resolusi tersebut akan membuat tampilan gambar terlalu tajam dan sulit untuk dibaca dan didata dengan jelas oleh pihak penyelenggara.

Kelima, langkah berikutnya yang masuk kedalam Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional berikutnya adalah dengan melampirkan data diri anda dengan mengirimkan foto dengan ukuran 3x4 berlatar belakang warna merah dan ukuran yang harus diresolusi terhadap foto tersebut tidak boleh lebih dari 200 kb, yang mana foto tersebut nantinya akan digunakan sebagai bagian awal dari pengumpulan identitas diri anda yang mana didalamnya akan berisi semua dokumen penting untuk dilampirkan kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan menggunakan foto tersebut sebagai identitas asli milik anda.

Terakhir, setelah anda melengkapi semua dokumen dan perlengkapan lainnya yang masuk kedalam sistem Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional, maka tindakan selanjutnya yang harus anda laksanakan adalah dengan mengirimkan semua dokumen tersebut dengan mengunggahnya ke website resmi milik CPNS Nasional di sscn.bkn.go.id yang mana nantinya setelah anda mengirimkan semua dokumen tersebut, anda cukup menunggu beberapa hari untuk menerima informasi lulus atau tidaknya dalam seleksi penerimaan CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional tersebut yang akan diselenggarakan hingga 2 minggu mendatang.

Subscribe to receive free email updates: