Pendaftaran CPNS BATAN 2017/2018

BATAN Pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional 2017/2018 Pembukaan pendaftaran CPNS memang banyak dinanti oleh masyarakat Indonesia khususnya mereka yang belum memilikim pekerjaan. Jabatan CPNS ini dianggap mumpuni bagi sebagian besar warga. Di tahun 2017 ini pembukaan untuk pendaftaran CPNS kembali dibuka. Sebanyak 17.928 orang dibutuhkan untuk mengisi posisi-posisi di berbagai kementerian dan lembaga negara. 

Pendaftaran periode I sudah ditutup bulan Agustus lalu dan periode II dibuka di bulan September ini. Dari banyak kementerian dan lembaga yang butuh tenaga CPNS, Badan Tenaga Nuklir Nasional salah satunya. Untuk Cara Pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional tahun anggaran 2017 sudah dijelaskan di surat pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh pihak Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).



BATAN membutuhkan 98 tenaga CPNS yang nantinya akan ditempatkan di beberapa jabatan yang sedang kosong. Ke 98 tenaga CPNS yang dibutuhkan itu tentunya wajib memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan posisi yang ingin dijabat. Untuk bisa melihat jabatan apa saja yang bisa diisi dan apa saja kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan Anda bisa melihat rincian lebih lengkapnya di https://sscn.bkn.go.id/pengumuman_pendaftaran2. 

Hampir sama dengan kementerian yang lain, Badan Tenaga Nuklir Nasional ini juga membutuhkan beberapa pendaftar dengan lulusan umum dan juga cumlaude. Anda bisa memilih akan mendaftar dengan jalur yang mana saja sesuai dengan status kelulusan anda. Pendaftar dengan status cumlaude bisa membuktikannya dengan keterangan yang terdapat pada ijazah dan juga surat akreditasi universitas maupun jurusan Anda.

Persyaratan umum pendaftar di BATAN ini antara lain:
  1. Warga Negara Indoensia yang Taqwa pada Tuhan YME, taat pada pancasila, UUD 1945 dan NKRI
  2. Sehat secara jasmani dan rohani
  3. Tidak pernah dipidana dengan hukuman penjara 2 tahun atau lebih
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS, TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD dan swasta
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI, POLRI dan siswa ikatan dinas Pemerintah
  6. Bukan anggota dan pengurus partai politik
  7. Dll (selengkapnya bisa dilihat di laman https://sscn.bkn.go.id)
Setelah Anda memutuskan akan mendaftar di bidang jabatan yang mana anda bisa memulai proses pendaftaran. Perlu diingat jika pendaftaran ini hanya bisa Anda lakukan di satu bidang dalam sat kementerian di satu periode, jadi Anda tidak bisa mendaftar di beberapa Kementerian ataupun beberapa jabatan. Tahapan Cara Pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional yang pertama harus dilakukan sebagai berikut:
  1. Melakukan pendaftaran secara online dari tanggal 11 September 2017 hingga 25 September 2017 (hingga pukul 24.00) di laman https://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran menggunakan NIK pad KTP atau kartu keluarga.
  2. Setelah registrasi Pelamar bisa mencetak Kartu registrasi
  3. Isi biodata dan cetak kartu tanda bukti pendaftaran CPNS
  4. Dokumen pelamar tidak perlu di unggah ke aplikasi
Dokumen yang dipersiapkan antara lain:
  1. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasioal, di Jakarta
  2. Print out Kartu Registrasi dan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran CPNS yang sudah ditandatangani
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi KTP atau surat rekaman kependudukan yang dikeluarkan Disdukcapil
  5. Fotokopi ijazah dan transkrip yang sudah dilegalisir
  6. Surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,-
  7. Untuk pelamar S-2 menyertakan Fotokopi ijazh dan transkrip nilai S-1 (jurusan S-2 harus linear dengan program studi S-1)
  8. Untuk pelamar Dokter, menyertakan fotokopi ijazah dan transkrip sarjana kedokteran
  9.  Surat keterangan berbadan sehat dari Rumah sakit pemerintah Asli dan fotokopi yang masih berlaku
  10. Surat keterangan akreditasi program studi pada tahun kelulusan jika tidak tercantum di ijazah
  11. Pas foto berwarna dengan latar belakang merah 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  12. Fotokopi halaman judul dan abstrak tugas akhir/ tesis/ disertasi
Berkas lamaran ini dikirim ke : Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi BATAN Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta 12710, Kotak Pos 4390 Jakarta 12043. Berkas paling terlambat diterima tanggal 27 September 2017 (cap BATAN) pukul 16.00 IWB.

Ada beberapa tahapan seleksi yang wajib dilalui oleh pelamar antara lain:
  1. Seleksi Administrasi. Usahakan berkas yang dkirim sesuai dengan yang disyaratkan dan dikirim tepat  waktu.
  2. Setelah lolos tahap administrasi, peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
  3. Jika lolos tahap SKD peserta kemudian mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari psikotest (bobot 40%), pengukuran kompetensi melalui penulisan makalah sesuai jabatan yang dilamar (bobot 10%), wawancara (bobot 40%) dan TOEFL yang diselenggarakan BATAN (bobot 10%)
Bagi peserta yang lulusan seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 30 September 2017 yang kemudian akan disusul dengan pencetakan Kartu Peserta Ujian di laman https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 2 Oktober 2017 sanpai 6 Oktober 2017. Untuk kelulusan SKD dan SKB dinilai dari score passing grade yang bisa diketahui setelah hasil test keluar. 

Seleksi penerimaan CPNS di Badan Tenaga Nuklir Nasional ini dilakukan serentak dan terpusat sehingga tidak ada kecurangan. Untuk Anda yang ingi mendaftar sebaiknya berhati-hati jika adaoknum yang menawarkan kelulusan dengan membayar dengan nominal tertentu, karena itu pasti penipuan. Penyelenggaraan penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2017 ini tidak memungut biaya apapun.

Sekian penjelasan singkat mengenai Cara Pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional. Untuk anda yang masih bingung dan kurang jelas, bisa mendapatkan informasi lengkapnya dilaman https://sscn.bkn.go.id. Disana bisa di download file pdf surat pengumuman langsung dari Badan Tenaga Nuklir Nasional perihal perekrutan CPNS Tahun Anggaran 2017. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dan karir masa depan Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Subscribe to receive free email updates: