Pendaftaran CPNS BAPETEN 2017/2018

BAPETEN Pendaftaran CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir 2017/2018 Ada kabar gembira untuk seluruh warga Indonesia khususnya untuk para warga yang sekarang sedang mencari pekerjaan dan menantikan pembukaan pendaftaran CPNS terbaru. Tahun 2017 ini telah dibuka pendaftaran CPNS besar-besaran untuk beberapa kementrian yang ada di Indonesia, salah satunya untuk Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). 

Dari surat pengumuman yang diedarkan oleh BAPETEN pada bulan September 2017 melalui website SSCN BKN dijelaskan mengenai kualifikasi dan Cara Pendaftaran CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir tahun Anggaran 2017. Tahun ini BAPETEN membutuhkan 10 orang CPNS yang nantinya akan ditempatkan di beberapa unit kerja. Untuk syarat dan ketentuan, cara pendaftaran dan juga jadwal seleksi akan dijelaskan disini.


Ada 3 jabatan yang bisa diisi oleh pelamar CPNS 2017 di Badan Pengawas Tenaga Nuklir ini. 3 jabatan tersebut antara lain Pengawas Radiasi Alhi Pertama untuk lulusan Sarjana 1, Pengawas Radiasi Alhi Pertama untuk lulusan Sarjana 2 dan Accesor SDM Kepegaaian Ahli Pertama. Dari ketiga jabatan yang ditawarkan ini pelamar yang dibutuhkan adalah pelamar dengan syarat kualifikasi pendidikan antara lain :

  1. S-1 Fisika
  2. S-1 Teknik Fisika
  3. S-1 Teknik Nuklir
  4. S-1 Teknik Elektro
  5. S-1 Teknik Kimia
  6. S-1 Teknik Informatika
  7. S-1 Teknik Lingkungan
  8. S-1 Teknik Instrumentasi
  9. S-1 Instrumentasi
  10. S-1 Psikologi
  11. S-1 Hukum
  12. S-1 Managemen SDM
  13. S-2 Fisika
  14. S-2 Teknik Fisika
  15. S-2 Teknik Nuklir

Dari kualifikasi pendidikan diatas, 1 orang untuk bidang Pengawas Radiasi Ahli Pertama untuk Sarjana 1 dibutuhkan yang memiliki predkat Cumlaude dan berasal dari Perguruan Tinggi juga Jurusan yang terakreditasi A, yang akan dibuktikan dengan keterangan yang berada pada ijazah atau transkrip nilai. Untuk persyaratan pelamaran sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Merupakan Warga Negara Indoensia yang Taqwa pada Tuhan YME, taat pada pancasila, UUD 1945 dan NKRI
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS, TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD dan swasta
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI, POLRI dan siswa ikatan dinas Pemerintah
  6. Bukan anggota dan pengurus partai politik
  7. Berkualifikasi secara pendidikan sesuai dengan syarat jabatan
  8. Tidak memiliki ketergantungan pada narkotika dan obat terlarang lainnya
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  10. Tidak bertindik dan bertato diluar ketentuan adat atau agama
  11. Pelamar untuk formasi dengan criteria Cumlaude umum dan pascasarjana membuktikan statusnya dengan fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  12. Untuk pelamar Sarjana berusia minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun per tanggal 1 Desember 2017
  13. Untuk pelamar Pascasarjana berusia minimal 21 tahun dan maksimal 35 tahun per tanggal 1 Desember 2017

Cara Pendaftaran CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir Tahun Angaran 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi menggunakan NIK pada kartu tanda penduduk atau pada kartu keluarga.
  2. Unggah dokumen persyaratan seperti ijazah, transkrip nilai dan KTP yang sudah di scan. Tiap file dipisah dengan bentuk JPG/PDF (tergantung permintaan dari website saat unggah dokumen)

Setelah melakukan registrasi online dan mendapar kartu Pendaftaran Registrasi online, pelamar harus menyampaikan surat lamaran yang dilampirkan dengan:

  1. Print out Kartu Pendaftaran Registrasi Online
  2. Surat lamaran ditulis tangan tinta hitam dan dtandatangani diatas materai Rp. 6.000,- dan ditujukan kepada Sekertaris Utama Badan Pengawas Tenaga Nuklir dengan tanggal sesuai tanggal saat registrasi online
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  5. Untuk pelamar umum menunjukkan bukti program studi pelamar sudah akreditasi minimal B
  6. Untuk pelamar cumlaude menunjukkan bukti perguruan tinggi terakredtasi A dan program studi A
  7. Pas foto terbaru 3 x 4 cm sebanyak 4 lembar dengan background merah
  8. Surat pernyataan diketik komputer dan ditandatangani diatas materai Rp 6.000,- (format suart pernyataan dapat diunduh dilaman https://sscn.bkn.go.id )

Berkas-berkas diatas dimasukkan dalam amplop coklat dan di sebelah kiri atas ditempel potongan nomer pendaftaran registrasi online. Kemudian berkas tersebut dikirimkan pada panitia seleksi Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara Badan Pengawas Tenaga Nuklir Tahun Anggaran 2017 Jl. Gajah Mada No. 8 Jakarta Pusat 10120. Berkas dikirim paling lambat tanggal 25 September 2017 Cap Pos.

Pengumuman pendaftaran CPNS BAPETEN yang dibuka mulai tanggal 5 September 2017 ini bisa dimulai pendaftaran onlinenya pada tanggal 11 – 25 September 2017. Pengumuman seleksi administratifnya pada tanggal 30 September 2017 dan nomor ujian online bisa dicetak pada tanggal 2 – 6 Oktober 2017. Seleksi kompetensi dasar dilakukan dengan sistem CAT pada 9 – 20 Oktober 2017.  Untuk lebih lengkapnya tentang jadal pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2017 bisa dilihat dilaman https://sscn.bkn.go.id.

Tes penerimaan CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir ini dilakukan secara serentak, terpusat dan tidak memungut biaya apapun. Berhati-hatilah terhadap oknum-oknum yang memberikan tawaran dan berjanji menjamin diterimanya Calon Aparatur Negara dengan membayarkan sejumlah nominal. Jangan lupa, pemberkasan juga harus lengkap dan tidak boleh melebihi batas waktu yang dtetapkan.

Demikian Cara Pendaftaran CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir ini dan Anda juga bisa mendapatkan informasi selengkapnya melalui akses ke https://sscn.bkn.go.id disana Anda bisa mendownload pdf surat edaran langsung dari BAPETEN mengenai penerimaan CPNS. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Subscribe to receive free email updates: