Pendaftaran CPNS 2017/2018

Menpan.go.id - Pendaftaran CPNS Online 2017/2018 - CPNS 2017/2018 khusus Pendaftaran CASN Onine 2017/2018. Penerimaan CPNS selalu menjadi topik hangat dan menjadi perbindangan publik, semuai ini bukan tidak beralasan tingginya minat masyarakat di Indonesia rata-rata mencapai 70% menginginkan menjadi seorang CPNS, semua itu tidak bisa dipungkiri, jika dihitung menurut hasil data beberapa tahun lalu pendaftar CPNS mencapai 1 juta peserta setiap tahun bahkan pernah memecahkan rekor MURI katagori peserta terbanyak mengikuti seleksi CPNS.

Tingginya animo masyarakat ini tidak diiringi dengan kuota memadai bahkan hanya sekitar 1 persen dari total peserta yang ikut tes, belum lagi sejak pemerintahan era Jokowi moratorium CPNS diberlakukan, sebenarnya seperti apa moratorium CPNS dimaksud, menurut sumber yang kami peroleh moratorium merupakan pembatasan penerimaan CPNS untuk sementara waktu, jika dihitung dan di prediksi satu periode masa jabatan presiden dipastikan moratorium akan tetap berlaku.

Pendaftaran CPNS 2017/2018

Itupun jika masa pemerintahan Jokowi hanya satu periode tetapi jika dua berarti genap sudah 10 tahun tanpa penerimaan CPNS, pemerintah melalui Kemenpan tentu memberikan kebijakan terbuka dan beberapa pengecualian, daerah yang dianggap tidak memenuhi syarat untuk percepatan pembagunan dan masuk katagori 3T sudah pasti Moratorium akan berlaku, sementara bagi daerah yang membutuhkan percepatan pembanganan dan masih kurang PNS dipastikan tidak akan kena moratorium.

Sebut saja seperti Papua, Kalimantan daerah sumatera yang masih membutuhkan banyak guru, lebih jelas bahwa moratorium tidak akan berlaku bagi daerah yang darurat PNS, moratorium ini bersifat sementara dan sesuai dengan kebutuhan, bisa jadi kebijakan tersebut akan berubah sewaktu-waktu, namun hal itu tidak berlaku untuk penerimaan CPNS untuk dua kuota yaitu Pendidikan dan Kesehatan mengingat kedua sektor ini masih sangat kekurangan.

Sebut saja tenaga Guru Indonesia masih masuk dalam katagori darurat Guru hal itu juga terjadi pada sektor kesehatan kedua sektor ini akan tetap menerima CPNS, namun besaran dan jumlah kuota yang dibuka tidak sebesar tahun sebelum moratorium, sektor lain seperti sekolah ikatan dinas CPNS masih tetap menerima pembukaan CPNS bahkan ditahun 2017 lalu 8 sekolah ikatan dinas membuka besar-besaran jalur ikatan dinas CPNS.

Mencapai ribuan yang akan diterima, selanjutnya sektor yang diberi kelonggaran adalah sektor Hukum dan tata negara kedua sektor ini akan mendapatkan jatah kuota ditengah, tengah gencatan moratorum, untuk kalian yang menginginkan menjadi CPNS terutama lulusan dilaur dari yang telah disebutkan diatas nampaknya harus menahan diri untuk waktu yang cukup lama dan beralih ke pekerjaan lain saja, jika mau menunggu bukaan CPNS sudah pasti akan keburu tua.

Pro dan Kontra moratorium menjadi salah satu hal perbincangan yang tidak ada habisnya mengingat memang peminat sangat tinggi, upaya ini dilakukan untuk membatasi belanja negara dengan tujuan menghemat APBN kemudian dana yang dihasilkan dari moratorium tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur termasuk di daerah yang masih membutuhkan banyak pembangunan.

Namun pembahasan kita tidak akan sampai disana akan fokus pada pendaftaran CPNS saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerimaan CPNS, pertama yaitu berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan Menpan, selain dari proses tes di BKN secara komputerisasi proses penerimaan CPNS tidak dibenarkan.

Pemerintah melalui Menpan memberikan kejelasan mengenai proses seleksi CPNS yang hanya dilakukan melalui sistem komputerisasi, dengan kata lain tidak ada celah untuk melakukan kecurangan, seandanya di luar sana ada yang melakukan kecurangan bisa dibilang sangat bodoh karena sudah jelas tidak ada celah untuk berbuat curang.

Pemikiran untuk lulus dengan sogokan tidak lagi berhasil, selain itu perlu dingat bahwa situs CPNS Riko Wijaya bukan merupakan salah satu situs penipuan seperti yang dituduhkan beberapa waktu lalu, kami merupakan blogger yang menyediakan informasi terkait dengan pendaftaran CPNS itu juga dikutip langsung dari situs Menpan dan beberapa situs berita lainnya.

Sangat disayangkan apabila situs kami yang telah membantu banyak orang terutama peserta yang ingin mendaftar CPNS, memberikan petunjuk pendaftaran yang tidak didapat saat mengakses situs resmi, selanjutnya kami dituduh melakukan penipuan, sangat tidak memiliki dasar, sebelum melanjutkan kami hanya memberikan beberapa informasi terkait dengan informasi pendaftaran CPNS tidak ada maksud lain untuk melakukan penipuan ataupun lainnya.

Kami mencari uang dari adsense untuk menyambung hidup dengan memberikan informasi yang relevan saat ini. Itu sedikit klarifikasi mengenai penipuan yang dituduhkan ke situs kami, bahwa itu tidak benar, melanjutkan informasi yang sempat terpotong karena penjelasan tadi bahwa memang benar penerimaan CPNS saat ini sangat berkurang, jika sebelum Moratorium penerimaan CPNS dilakukan setiap tahun pasca moratorium hanya sedikit sekali.

Bahkan kebijakan ini sudah banyak memancing protes yang diungkapkan melalui media, tetapi sekali lagi bahwa mungkin moratorium adalah yang terbaik bagi negeri kita kedepan, bagi anda terutama lulus sarjana jangan berkecil hati masih ada beberapa pembukaan CPNS yang tidak kena moratorium adapun listnya terlampir sebagai berikut.


Pendaftaran CPNS Guru

Seperti telah disinggung diatas bahwa sektor guru merupakan salah satu yang paling mendapat perhatian dari pemerintah mengingat masih banya sekali kekurangan guru maka pemerintah memberi pengecualian untuk CPNS Guru, namun anda harus bersiap apabila ingin mengikuti pendaftaran Guru karena tidak semua pembukaan dilakukan melalui umum penerimaan CPNS hanya dibuka untuk GGD atau Guru Garis Depat apabila ingin mendaftar silahkan kunjungi situs resmi cpns.kemdikbud.go.id apabila anda tidak ingin ikut GGD masih bisa ikut tes CPNS jalur umum melalui daerah yang merupakan salah satu daerah percepatan pembangunan daerah 3T. Intinya penerimaan guru yang akan dilakukan pasca moratorium akan diprioritaskan bagi daerah-daerah 3T dan daerah yang masih banyak membutuhkan percepatan pembangunan, sayangnya saat ini belum dibuka pastikan anda terus cek situs resmi pendaftaran CPSN Guru.


Pendaftaran CPNS Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu prioritas bagi pemerintah Indonesia, tentu akan mendapatkan perhatian lebih maka dari itu pemerintah juga memberikan pengecualian bagi sektor ini terutama CPNS Kedokteran sangat dibutuhkan, dan beberapa tenaga kesehatan lainnya, tidak jauh berbeda dengan guru sektor kesehatan juga merupakan hal penting setelah pendidikan, meski alokasi dana tidak sebesar pendidikan sektor kesehatan akan mendapat pengecualian. Apabila sudah dibuka pendaftaran dapat dilakukan melalui Panselnas.Menpan.go.id sayangnya sampai saat ini belum dibuka, kita harus tetap bersabar menunggu sampai dibuka pendaftaran. Selain jalur umum penerimaan CPNS Kesehatan juga dilakukan melalui sekolah ikatan dinas dibawah kementerian kesehatan.


Pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan.

Terdapat 8 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran CPNS, bisa dibilang kedelapan sekolah ikatan dinas ini tidak kena dampak moratorium hal itu terbukti menurut data tahun 2017 jumlah kuota yang akan diterima merupakan angka paling besar jika dibandingkan sebelumnya mencapai lebih dari 10 rb mahasiswa baru, adapun sekolah ikatan dinas dimaksud PKN STAN, IPDN, STTD, POLTEKIM, STIN, STIS, STMKG, STSN, POLTEKIP dan POLTEKIM pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi Panselnas.id namun informasi hanya dapat diakses apabila pendaftaran sudah dibuka.


Pendaftaran CPNS KemenkumHAM

Baru baru ini pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM mendapatkan mandat untuk melaksanakan tes CPNS melalui sekolah kedinasan POLTEKIP POLTEKIM kedua sekolah ini membuka pendaftaran mahasiswa baru secara bersamaan dibawah kementerian Hukum dan Ham informasi ini kami dapat dari beberapa sumber seperti liputan6, namun selain dari sekolah kedinasan kedepan sektor Hukum akan mendapatkan ruang lebih meski terkena moratorium, nah pembukaan pendaftaran dilakukan melalui situs resmi http://catar.kemenkumham.go.id/ selanjutnya pastikan pendaftaran dibuka apabila belum dipastikan anda tidak akan menemukan info yang dicari.


Pendaftaran CPNS Khusus Daerah Percepatan Pembangunan.

Pemerintah mengharamkan moratorium untuk daerah ini, jangankan dibatasi apabila dibuka secara normal saja CPNS di daerah ini masih sangat kekurangan, selain itu untuk membangun daerah yang saat ini masih tertingal membutuhkan SDM yang memadai oleh sebab itu kawasan tersebut perlu dikebut dalam hal pembangunan, hal itu juga harus diimbangi dengan SDM yang memadai agar bisa semakin cepat oleh sebab itu tidak ada kata moratorium, kawasan Daerah percepatan pembangunan berada hampir sebagian besar di wilayah timur Indonesia seperti Kalimantan, Papua, NTT dan masih banyak lagi, sebagian kecil berada di Barat dan Timur Indonesia, meski puang jadi PNS sangat  besar tetapi resiko seperti jauh dari akses kota harus diterima apabila anda lulus, tentu hal itu akan dibayar sepadan dengan kinerja anda, info pendaftaran CPNS dapat dibuka melalui situs resmi Menpan.go.id.


Pendaftaran CPNS Khusus Daerah 3T.

Mungkin teman-teman bingung dengan daerah 3T dengan Daerah Percepatan Pembangunan sepertinya keduanya sama, namun jika dilihat ada beberapa perbedaan diataranya daerah yang membutuhkan percepatan pembangunan sudah pasti daerah 3T juga, namun daerah 3T belum tentu membutuhkan percepatan membangunan, lebih spesifik dijelaskan 3T merupakan gambaran dari pemerintah hanya pada satu daerah saja bukan keseluruhan oleh sebab keduanya dibedakan. 3T merupakan singkatan dari Terluar, Tertinggal dan Terdalam atau dengan kata lain daerah tersebut masih terpencil jauh dari akses keramaian, sektor ini sangat membutuhkan CPNS yang banyak agar bisa cepat berkembang. Info Pendaftaran dapat diakses melalui Panselnas.Menpan.go.id.


Kedepan penerimaan CPNS akan bertambah sesuai dengan kebutuhan bisa jadi formasi yang kena moratorium akan kembali dibuka apabila memang membutuhkan CPNS, Moratorium bersifat sementara dan tidak tetap, pemerintah akan terus meninjau apa saja yang dibutuhkan dan menutup semua pembukaan CPNS bagi yang tidak dibutuhkan, bisa dibilang akan lebih efektif, jadi bagi para pencari kerja diluar sana harus tetap bersabar menunggu.

Akhir kata dari beberapa uraian yang sudah dijelaskan beberapa formasi diatas mendapat mengecualian dari pemerintah dalam hal ini Menpan selaku yang mengatur sistem rekrutmen CPNS, hal itu juga akan dilakukan sesuai Intruksi Presiden, kita wajib menunggu sampai dibuka, ada beberapa hal yang perlu diingat dan kami selaku redaksi CPNS Riko Wijaya bahwa harus berhati-hati ada banyak modus baru penipuan yang mengatas namakan panitia CPNS, semua hal tersebut tidak dibenarkan atau hanya modus penipuan saja, untuk bisa lulus CPNS ya harus lulus tes murni.

Subscribe to receive free email updates: